Tuesday, December 27, 2011

EndNote, Bikin daftar pustaka biar lebih mudah..^^

EndNote X5 adalah program yang digunakan untuk mencari artikel pada database bibliografi seperti ProCite, Reference Manager, RefWorks, WriteNote, Zotero, dan Bookends., melakukan pengorganisasiannya termasuk membuat sitasi pada teks dan daftar pustaka. Program ini mempermudah dalam proses pembuatan daftar pustaka, catatan kaki dan berbagai referensi lainnya. Kita tidak perlu khawatir lagi jika kita lupa susunan cara membuat daftar pustaka, karena software ini telah menyediakan tipe-tipe penulisan referensi dalam berbagai bidang seperti kedokteran, teknik, dll. Endnote kompatibel dengan Microsoft Word, sehingga sangat membantu dalam penulisan karya ilmiah seperti laporan, tesis maupun makalah.

Dalam membuat sebuah karya tulis, sering kita mencantumkan kutipan yang berasal dari sumber tertentu. Jika kita tidak mencantumkan sumber dari kutipan tersebut kita dapat dianggap menjiplak karya orang lain dan hal ini tentu sangat tidak diinginkan. Oleh karena itu, kita perlu mencantumkan sumber yang menjadi acuan (referensi) kita dalam mengutip informasi yang dimuat dalam tulisan kita.

Dengan EndNote X5, referensi yang diinginkan dapat sitasi (biasanya dengan nomor atau nama pengarang-tahun) di dalam teks, dan secara langsung program ini membuat daftar pustakanya di akhir teks. Program ini juga dapat mengatur bentuk sitasi dan melakukan singkronisasi dengan daftar pustakannya. Misalnya, jika sitasi menggunakan format nomor, maka penomoran pada daftar pustakanya berurut sesuai dengan urutan munculnya sitasi pada teks. Format ini dengan mudah diganti dengan format lain, misalnya nama-tahun. Urutan dalam daftar pustaka akan berubah menjadi berurut secara abjad nama akhir penulis. Masih banyak kemampuan-kemampuan lainnya yang dapat diperoleh dari program ini.

EndNote mempunyai 3 fungsi dasar yaitu:

  • EndNote sebagai Searching Online Database
  • EndNote sebagai References & Images Database
  • EndNote sebagai Bibliography and Manuscript maker

Seperti layaknya program komersial, EndNote merupakan program komersial yang tidak gratis. Harganya pun cukup mahal bila diukur dari kantong mahasiswa atau pegawai negeri. Namun, jika memang menghasilkan sesuatu yang berguna, mengapa tidak berinvestasi dengan membeli program ini. Tetapi apabila anda tidak mau menginvestasikan uang anda untuk program ini, FaikShare akan menyediakan link download gratis untuk anda semua disini.

Walaupun demikian, Thomson Reuters menghadirkan EndNote Web, yaitu EndNote versi web yang gratis. Pengguna harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan fasilitas ini. Setelah terdaftar, pengguna dapat menempatkan daftar bibliografi di web ini. Sebuah program kecil dapat diinstal di dalam komputer sehingga program pengolah kata seperti Microsoft Word dapat berinteraksi seperti layaknya program EndNote komersial. Fasilitas ini tentunya sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam membuat makalah, laporan dan tugas akhir. Jika ingin mencoba, silakan ikuti link berikut: www.endnote.com/enwebinfo.asp

Download EndNote X5 Full Version w/ Serial Number & Crack


Cara instalasi EndNote X5 menjadi full version

  1. Setelah proses download selesai, buka file download-an dengan menggunakan winrar/winzip. 
  2. Kemudian double klik di file ENX5Inst.exe
  3. Lakukan Instalasi EndNote X5, apabila pada saat instal, program meminta serial number, pilih  opsi "I Would Like to Evaluate EndNote X5" kemudian klik Next sampai proses instal selesai.
  4. Setelah selesai kemudian copy and replace file hasil download dengan nama EndNote.exe ke  folder EndNote X5 di Program File (C:\Program Files\EndNote X5)
  5. Selesai EndNote X5 anda sudah Full Version.

Sumber

2 comments:

  1. kalau mau beli software nya bisa dimana ya?

    ReplyDelete
  2. wao softwarenya mahal dan itu langganan, tidak bisa beli putus. saran saya gunakan saja endNote 7 dengan crack, asal tdk disinkronkan dengan akun clarivate analysis, tidak masalah.

    ReplyDelete

Untuk Inovasi dan Kreativitas Penulis. Karena Pembaca yang bijak selalu Meninggalkan Pesan Perubahan dan Perbaikan Penulis. Diisi ya..^^